Peningkatan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta didik Melalui TPQ Sekolah

Abstract

Pembelajaran al-Qur’an kepada para peserta didik di SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sekolah merupakan salah satu carauntuk meningkatkan kompetensi siswa dalam membaca al-Qur’an. Kegiatan pembelajaran al-Qur’an di TPQ di SMP Bhakti Pertiwi Paiton meliputi tiga bagian, yaitu membaca teks secara bersama-sama I selama 10 menit, membaca teks secara individual selama 40 menit, dan membaca teks bersama-sama II selama 10 menit. Selanjutnya, untuk mengukur kompetensi bacaan al-Qur’an siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di TPQ sekolah, guru melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus penelitian (1) Upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan SMP Bhakti Pertiwi untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo, (2) Proses pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo, (3) Hasil pembelajaran al-Qur’an di TPQ SMP Bhakti Pertiwi Paiton Probolinggo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah program ini dilaksanakan, para siswa mengalami peningkatan kompetensinya dalam membaca al-Qur’an. Para siswa dapat membaca al-Qur’an dengan tartil dan benar.