PENERAPAN MODEL UTAUT2 UNTUK MENGEVALUASI APLIKASI RUANG GURU

Abstract

Abstract - Improving the quality of education by utilizing technology and the internet is currently very supported by the government starting from school and at the place of tutoring. Tutoring that utilizes technology and the internet is the Ruang Guru Application. In order to maximize the use and acceptance of the technology, in this research evaluating the Ruang Guru Application by using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) model. The data in this research were obtained from questionnaire data distributed to 100 respondents of middle and high school students in Samarinda City. Based on the research results obtained variables that influence are performance expectations, effort expectations, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value, habit, and facilitating condition moderated by age.Keywords – Ruang Guru Application, Evaluation, UTAUT2.  Abstract – Peningkatan mutu pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dan internet saat ini sangat didukung oleh pemerintah mulai dari disekolah dan ditempat bimbingan belajar. Bimbingan belajar yang memanfaatkan teknologi dan internet adalah Aplikasi Ruang Guru. Agar dapat memaksimalkan penggunaan dan penerimaan teknologi tersebut maka dalam penelitian ini mengevaluasi Aplikasi Ruang Guru dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Data dalam penelitian ini didapatkan dari data kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden siswa dan siswi SMP dan SMA di Kota Samarinda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh variabel yang mempengaruhi yaitu ekspektasi kinerja, ekpektasi usaha, faktor sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, dan kondisi yang memfasilitasi dimoderasi oleh umur.Kata kunci – Aplikasi Ruang Guru, Evaluasi, UTAUT2.