PENERAPAN TEKNIK KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA SMA PESANTREN GUPPI SAMATA KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penerapan konseling kelompok teknik rational emotive behavior (REB) untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Masalah utama penelitian ini adalah(1)Bagaimana gambaran pelaksanaan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa (2) Bagaimana gambaran tingkat kecakapan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa?(3)Apakah ada pengaruh konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) dalam meningkatkan kecakapan sosial di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui gambaran pelaksanaan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa.(2)Mengetahui gambaran tingkat kecakapan sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa.(3)Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) dalam meningkatkan kecakapan sosial di SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa. Jenis penelitian kuantitaif. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI SMA pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara  simple random sampling.Teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Pelaksanaan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) dilakukan melalui tahap pembentukan, tahap peralihan, pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran termasuk pretest dan posttest. Setiap pertemuan kegiatan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) mahasiswa mengikuti secara antusias dan aktif  berpartisipasi dalam kegiatan konseling kelompok.(2)Tingkat kecakapan sosial siswa di SMA Pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa sebelum diterapkan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) berada pada kategori sangat rendah dan rendah, dan setelah diterapkan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi.(3)Ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa di SMA Pesantren GUPPI Samata Kabupaten Gowa. Artinya, konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior (REB) dapat meningkatkan kecakapan sosial siswa