MODEL PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEJUJURAN AKADEMIK SISWA SMP

Abstract

Model pembelajaran kimia kontekstul berbasis lingkungan (PKKBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kejujuran akademik siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model PKKBL melalui pengukuran hasil belajar dan kejujuran akademik siswa SMP. Model PKKBL di lengkapi perangkat pembelajaran yang membantu guru dan siswa melakukan proses pembelajaran sehingga hasil belajar kimia dan kejujuran akademik siswa dapat lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model Borg & Gall (1983) yang dimodofikasi ke dalam tujuh langkah. Subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 30 Makassar kelas VII6. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi, angket, LKS, dan lembar tes hasil belajar yang telah divalidasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif bentuk persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) model PKKBL dapat dikembangkan melalui tiga tahapan pengembangan, yaitu tahap: (a) penelitian awal, (b) tahap uji coba terbatas, dan (c) tahap uji coba di perluas, (2) model PKKBL yang telah dikembangkan  menunjukkan: (a) instrumen model bersifat valid (4,3) dan reliabel (0,85), (b) perangkat bersifat praktis digunakan (1,6) dan (c) efektifan sebab dapat meningkatkan hasil belajar (82,28) dan kejujuran akademik siswa kategori cukup (72,0).