KARAKTER PESERTA DIDIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMP DI PULAU BARRANG LOMPO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan hubungan antara karakter dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika SMP di pulau Barrang Lompo, Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain campuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter peserta didik dalam pembelajaran Fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; (2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; dan (3) Ada hubungan yang signifikan antara karakter peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika. Tingkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan kejujuran peserta didik meningkat sebesar 76,3 % dan keingintahuan meningkat sebesar 73,49 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) karakter dan kemampuan berpikir peserta didik dalam pembelajaran fisika di pulau Barrang Lompo masih rendah; (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter peserta didik dengan keterampian berpikir kritis.