IDENTIFIKASI SISWA BERMASALAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH SET (STUDI DI SMA N 4 PARIAMAN)
Abstract
Sekolah merupakan pembahasan segudang ilmu dari dasar pendidikan yang akan dapat dikembangkan oleh guru kepada siswa-siswi yang terdapat pada sekolah mereka sebagai penuntut ilmuan baik secara imtek maupun secara iptaq terhadap dari kepihakan sekolah tersebut.pada pengidentifikasian disekolah siswa dapat merupakan pola pikir untuk kemajuan terhadap diri dari masa depanya karena situasi terhadap gangguan atau lingkungan dapat mempengaruhi siswa-siswi diluar lingkungan sekolah karena ini dalam pergerakan pola pendidikan siswa diwajibkan belajar 12 tahun lamanya untuk memerlukan kewajiban proses belajar. Untuk itu diperlukan dari penelitian ini menggunakan proses metode data mining pada sekolah SMA N 4 Pariaman. Didalam data mining terdapat metode Rough Set yang akan menganalisa serta mengaljabarkan seluruh ke sulitan tingkah laku terhadap siswa-siswi disekolah tersebut. maka dapat diproses Pengetahuan tersembunyi tersebut dapat dicari menggunakan metode Rought Set. Penelitian dilakukan dengan menganalisa pengidentifikasian siswa disekolah di kasus yang dilakukan pada siswa yang terlibat dalam kasus yang tertera oleh badan pihak guru BK disekolah pada tahun ajaran 2018 sekolah SMA N 4 Pariaman Desa Naras Hilir Kota Pariaman. Setelah dilakukan analisa lanjutan menggunakan Rought Set, diketahui bahwa sekolahyang memiliki sekolah ISN adalah sekolah berstandar internasional dari kota pariaman sumatera barat. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Rought Set dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam menganalisa sebuah pengidentifikasian dalam perlakuan terhadap siswa disekolahKata kunci : Data Mining, Rough Set, Nama Siswa identifikasi.