KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN DARI SETIAP JENIS STRUKTUR ORGANISASI

Abstract

Perusahaan pada umumnya memiliki beberapa bagian, yaitu bagian produksi, bagiankeuangan, bagian sumber daya manusia, bagian penelitian dan pengembangan, dan bagianadministrasi. Masing-masing bagian melaksanakan kegiatan yang berbeda satu sama lain, tetapisaling berhubungan. Semua kegiatan dari tiap bagian harus terkoordinir untuk mencapai tujuanperusahaan secara keseluruhan. Untuk menciptakan koordinasi dalam perusahaan perlu diciptakanwadah yang dapat menjembatani semua bagian perusahaan yaitu “struktur organisasi”. Strukturorganisasi mempunyai garis hubungan antara tugas atasan dan bawahan dan didalamnya mencakuphubungan antara tugas, wewenang dan tanggung jawab dari setiap bagian.Penggunaan Struktur Organisasi Lini dan Staff dan Struktur Organisasi Fungsional, sebabsangat cocok untuk perusahaan besar dengan tingkat pekerjaan yang banyak dan struktur organisasi,susunan organisasi, tata kerja, tugas, wewenang, dan tanggung jawab telah ditetapkan dengan jelas,sehingga sangat efektif dan efisien karena setiap bagian disusun berdasarkan kebutuhan perusahaan.Penggunaan koordinasi Intren dan Koordinasi Fungsional Intern – Ekstren, denganhubungan koordinasi yang dapat menjangkau semua lini perusahaan serta lingkungan yangharmonis, menciptakan suasana kerja yang baik, sehingga mendorong karyawan untuk melaksanakantugas secara maksimal.