SYSTEM IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY APPLICATION IN STUDENT WORKSHEET
Abstract
Augmented Reality hadir sebagai teknologi berkembang yang memiliki potensi pedagogis yang besar. Pemanfaatan teknologi ini sangat masif dikembangkan dalam pratikum. Fisika adalah mata pelajaran yang memerlukan praktikum agar siswa memahami esensi fisika. Masalah yang diangkat dalam penulisan penelitian ini adalah bagaimana implementasi sistem augmented reality pada lembar kerja peserta didik. Oleh sebab itu, tujuan diadakannya penelitian ini adalah membuat aplikasi Augmented Reality pada LKPD materi kaidah tangan kanan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil dari pengembangan sistem ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Augmented Reality untuk membantu guru dalam memandu siswa dan membantu siswa dalam memahami materi fisika. Dari hasil pengujian black box testing, didapatkan hasil pengujian bahwa persentasi keberhasilan sistem aplikasi sebesar 100% yang mengindikasikan bahwa aplikasi telah berfungsi dengan baik pada penggunaan di smartphone. Sehingga aplikasi ini sudah dapat digunakan pada pengguna dalam proses pembelajaran.