PERANAN JEJARING SOSIAL DALAM MENINGKATKAN CITRA POLITIK (STUDI KASUS: PILKADA)

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih menyebabkanpenyebaran informasi serta akses telekomunikasi semakin cepat dan mudah. Pemanfaatan mediakomunikasi sudah bisa diakses oleh semua kalangan mulai dari orang tua sampai remaja. Akses internetmudah didapatkan dimana saja, bahkan didaerah-daerah pun sudah terknoneksi dengan internet. Melaluiinternet setiap individu manusia dapat saling berkomunikasi dengan individu lain dan saling mengenalsatu sama lain melalui media jejaring sosial seperti facebook, twitter, yahoo messenger, dan lain-lain.Pilkada yang dilakukan disetiap daerah setiap tahunnya, tentu membutuhkan media untukmembangun citra dari setiap individu yang terlibat dari pilkada tersebut. Jejaring sosial dipercaya dapatmembangun dan mempengaruhi opini publik apabila dikelola secara profesional. Selain itu, jejaringsosial mampu dengan cepat membangun branding politik dibandingkan cara konvensional yangmembutuhkan waktu bertahun-tahun.