PERAN KETERAMPILAN MANAJER DALAM MENJAMIN PELAKSANAAN RENCANA KERJA

Abstract

Setiap perusahaan harus memiliki resource yang terdiri dari manusia (man), dana (money),mesin (machine) dan bahan baku (material) yang kesemuannya dikombinasikan dan diatursedemikian rupa dengan metode dan skill (yang dimiliki oleh orang yang disebut manajer) untuk daptmenghasilakan barang atau saja yang mempunyai kegunaan yang lebih besar dari semula. Sumbersumber tersebut didayagunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu. Strukturorganisasi menggambarkan pembagian tugas, wewnang dan tanggung jawab, sehingga denganadanya struktur organisasi yang baik maka pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab akanbaik.Pada umumnya setiap perusahaan memperoleh informasi dari dua sumber yaitu dari dalam dandari luar perusahaan. Informasi didapat dari komunikasi internal dan eksternal baik secara formalmaupun informal. Dalam penyampaian informasi dilakukan dalam bentuk lisan dan tulisan dengankomunikasi searah dengan dua arah.Media komunikasi yang digunakan perusahaan meliputi ; surat, intercom, telephon, fax danradio telekomunikasi. Sedangkan sistim komunikasi yang dilaksanakan meliputi sistim komunikasitertulis, sistim komunikasi lisan, sistim komunikasi ke bawah dan sistim komunikasi ke atas. Mediakomunikasi merupakan sarana pendukung untuk mewujudkan komunikasi yang baik, namun halyang utama untuk mewujudkan komunikasi yang baik adalah kemampuan berkomunikasi yang baikadalah kemampuan berkomunikasi para komunikator dan komunikan.Komunikasi merupakan sarana terwujudnya koordinasi, maksudnya koordinasi akan terwujud bilakomunikasi dapat dilaksanakan dengan baik.