ANALISIS TINGKAT MUTU PELAYANAN RAWAT INAP DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RSUP ADAM MALIK MEDAN (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PASIEN UMUM DAN PASIEN BPJS)

Abstract

Pelayanan kesehatan mengharuskan rumah sakit memberikan pelayanan berkualitas sesuaikebutuhan dan keinginan pasien dengan mengacu pada kode etik profesi. Rumah sakit dituntut untukselalu memberikan dan menjaga kepercayaan pasien dengan memberikan kualitas pelayanan yang terusmeningkat sehingga kepuasan pasien menjadi lebih baik.Kepuasan pasien tergantung dengan kualitaspelayanan yang diberikan.Suatu pelayanan dikatakan berkualitas oleh pasien, ditentukan olehkenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien,apakah pelayanan yangditerima oleh pasien memuaskan atau malah mengecewakan.Sampai saat ini para ahli kedokteran dankesehatan senantiasa berusaha untuk meningkatkan mutunya, kemampuan manajerial kesehatan,peralatan dan khususnya manajemen mutu pelayanan kesehatan. Meskipun dari segi biaya pelayananrumah sakit sudah dapat dijangkau, namun mutu pelayanan kesehatan, masih perlu ditingkatkan agardapat memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu.Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness,Assurance,Empathy) berpengaruh pada kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS di RSUP Adam Malik Medan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganpendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah Pasien BPJS dan Pasien Non BPJSyang menjalani rawat inap di RSUP Adam Malik Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa padapasien BPJS diketahui bahwa Mutu Pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness,Assurance dan Emphaty berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS. Sedangkan padapasien Non BPJS diketahui bahwa Reliability dan Assurance tidak berpengaruh terhadap kepuasanpasien Non BPJS, Sedangkan Tangible, Responsiveness dan Emphaty berpengaruh terhadap kepuasanpasien Non BPJS.