ANALISIS PENGARUH MERK DAGANG , KUALITAS JASA DAN PROMOSI TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA USAHA WARUNG SELLULER DI KECAMATAN MEDAN TEMBUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis analisis pengaruh kualitas jasa danmerk dagang terhadap promosi dan retensi pelanggan pada usaha warung selluler di Kecamatan MedanTembung. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. sifat penelitian adalah penelitian menjelaskan(deskriptif explanatory). Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling untuk mengambil data220 responden. Metode analisis data mempergunakan analisis SEM untuk mengetahui pengaruh kualitasjasa dan merk dagang terhadap promosi dan retensi pelanggan pada Usaha Warung selluler,yang diolahdengan program software AMOS 18 . Hasil penelitian membuktikan yaitu: 1).Kualitas Jasa berpengaruhnegatif tetapi siginifikan terhadap promosi pada Usaha Warung selluler. 2). Merk dagang berpengaruhpositif dan siginifikan terhadap keunggulang bersaing berkelanjutan pada Usaha Warung selluler.3).Kualitas Jasa berpengaruh positif tetapi tidak siginifikan terhadap Retensi Pelanggan pada rumahmakan dan cafe di Kecamatan Medan Tembung. 4).Merk dagang berpengaruh positif dan siginifikanterhadap Retensi Pelanggan pada rumah makan dan cafe di Kecamatan Medan Tembung. 5).Promosiberpengaruh positif dan siginifikan terhadap retensi pelanggan pada Usaha Warung selluler . Dalam Halini sesuai hasil analisis SEM didapat bahwa Kualitas Jasa tidak terlalu berpengaruh terhadap promosi,namun Merk dagang secara terus menerus yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Oleh karena itupara pemilik usaha warung selluler agar dapat terus eksis harus menciptakan merk dagang terhadapproduk layanan jasa hand phone serta beberapa dimensi teknis yang mengikat dalam retensi pelanggan.