PROSPEK SISTEM E-LEARNING DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI TRANSFORMASI TELEKOMUNIKASI UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA
Abstract
Pengertian e-learning atau pembelajaran elektronik sebagai salah satu alternatif kegiatanpembelajaran dilaksanakan melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Seseorangyang tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena berbagai faktor penyebab,misalnya harus bekerja (time daya constraint), kondisi fisik yang tidak memungkinkan(Physical constraint), tampung sekolah konvensional yang tidak memungkinkan(limited availeble seats), phobia terhadap sekolah, putus sekolah, atau karena memang dididik melalui pendidikan keluarga di rumah (Home school) dimungkinkan untuk tetap belajar,yaitu melalui e-learning.Peserta didik maupun dosen/ Bebera guru/ instruktur dapat memperoleh manfaat daripenyelenggaraan e-learning. di antara manfaat E-learning adalah fleksibelitaskegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi/ bahan pembelajaran,maupun interaksi peserta didik dengan dosen/ guru/ instruktur, serta interaksi terhadap sesamapeserta Didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.Lembaga pendidikan konvensional (Universitas, sekolah, lembaga-lembaga pelatihan,atau kursus-kursus yang bersifat kejuruan dan lanjutan) secara ekstensif telah menyelenggarakanperluasan kesempatan belajar bagi ? Target audiance? Mereka melalui pemanfaatan teknologikomputer dan Internet