UKM GOES DIGITAL : DASAR, KONSEPTUAL DAN PENGEMBANGAN

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi bisnis UKM adalah masih lemahnya pengetahuan UKM tentangpemasaran daring (online), terkendala dengan bahasa internasional, kurangnya netwoking dalampemasaran dan masih enggannya untuk mengadopsi teknologi sebagai media pemasaran dikarenakan halterebut.Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jumlah UMKM di Indonesiahingga tahun 2013 berjumlah 57.895.721 unit (99,99%), menyumbang untuk PDB (harga konstan)sebesar 1.536.918,8 Milyar (57,56%) dan menyerap tenaga kerja sebanyak 114.144.082 orang (96,99%)(Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2012 - 2013, 2013).Laporan terbaru dari Deloitte (2015), 36 % UKM di Indonesia masih luring, 37% hanya memilikikekmampuan online yang sangat mendasar, 18% memiliki kemampuan daring menengah dan 9%memiliki kemampuan bisnis daring lanjutan dengan kemampuan e-commerce, Data tersebut jelasmenegaskan akan vitalnya peran usaha kecil menengah di Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasionaluntuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan standart hidup dan daya saing internasional, itulahsebabnya kebutuhan digital ini merupakan agenda penting bagi pemerintah Indonesia. Rahayu & Day(2016) menemukan ada enam manfaat pengadopsian e-commerce pada UKM di Indonesia yaitu''Memperluas jangkauan pasar'', ''meningkatkan penjualan'', ''meningkatkan komunikasi eksternal'',''meningkatkan citra perusahaan'', '' kecepatan ditingkatkan pengolahan '', dan ''meningkatkanproduktivitas karyawan''. Hasil penelitian Suliyanto & Rahab (2011), menunjukkan bahwa inovasimemiliki efek pada kinerja bisnis. Orientasi pasar dapat memperkuat orientasi pembelajaran dan inovasi.Dalam usaha kecil menengah, informasi pasar yang diperoleh dari pelanggan dan pesaing membantuperusahaan untuk mengawasi pasar. Untuk keunggulan kompetitif yang lebih baik dan kinerja bisnis,perusahaan harus memiliki kemampuan belajar dan identitas karyawan dengan misi organisasi.Tujuan dari Special issue ini adalah untuk membawa kualitas penelitian kontemporer secara bersamasama tentang sistem informasi meningkatkan kinerja bisnis UKM dalam konteks pemasaran dengantujuan untuk mengatasi tantangan, perkembangan terkini yang menyediakan implikasi manajerial danpeluang bagi para peneliti di masa depan. Kami menerima untuk kedua manuskrip konseptual danempiris yang sesuai dengan lingkup Edisi Khusus ini, dan dengan menggunakan pendekatan metodologisyang berbeda. Para peneliti dapat menggunakan topik sesuai dengan topik, tetapi tidak membatasi yanglain juga, atau seperti berikut :• Kerangka kerja untuk konseptualisasi dan pengukuran sistem informasi manajemen dalam B2B,B2C, E-Commerce, Internet marketing dan peran Social Media Marketing UMKM di Indonesia• Pola sistem informasi manajemen dan praktek pemaran UMKM• Keragaman Budaya dan pola kewirausahawan UMKM• Pengaruh keterlibatan pemangku kepentingan dalam sistem informasi pemasaran UMKM• Efektivitas sistem informasi bisnis pada kinerja keuangan UMKM• Kreativitas dan inovasi sistem informasi manajemen UMKM• Konsekuensi penggunaan permodalan non dan komersial Bank pada sistem informasioperasional UMKM• Strategi dan sistem Informasi UMKM pada pemasaran Internasional