ANALISIS PENGARUH INOVASI , KUALITAS JASA DAN PROMOSI TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA USAHA GAME ONLINE INTERNET DI KECAMATAN MEDAN DENAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis analisis pengaruh inovasi, kualitasjasa dan promosi terhadap retensi pelanggan pada usaha Game Online Internet di Kecamatan MedanDenai. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. sifat penelitian adalah penelitian menjelaskan(deskriptif explanatory). Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling untuk mengambildata 220 responden. Metode analisis data mempergunakan analisis SEM untuk mengetahui pengaruhinovasi, kualitas jasa dan promosi terhadap retensi pelanggan pada Usaha Game Online Internet,yangdiolah dengan program software AMOS 18 .Hasil penelitian membuktikan yaitu: 1).Kualitas Jasa berpengaruh negatif tetapi siginifikanterhadap promosi pada Usaha Game Online Internet. 2). Inovasi berpengaruh positif dan siginifikanterhadap keunggulang bersaing berkelanjutan pada Usaha Game Online Internet. 3).Kualitas Jasaberpengaruh positif tetapi tidak siginifikan terhadap Retensi Pelanggan pada rumah makan dan cafe diKota Medan. 4).Inovasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Retensi Pelanggan pada rumahmakan dan cafe di Kota Medan. 5).Promosi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap retensipelanggan pada Usaha Game Online Internet .Dalam Hal ini sesuai hasil analisis SEM didapat bahwa Kualitas Jasa tidak terlalu berpengaruhterhadap promosi, namun Inovasi secara terus menerus yang dapat meningkatkan retensi pelanggan.Oleh karena itu para pemilik usaha Game Online Internet agar dapat terus eksis harus menciptakaninovasi terhadap produk layanan jasa internet serta beberapa dimensi teknis yang mengikat dalamretensi pelanggan.