Analisa Tingkat Pengetahuan Keislaman Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Keislaman Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)

Abstract

Visi UIN Suska Riau yang menintegrasikan ajaran Islam, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan/atau Seni menuntut kesiapan civitas akademika untuk mewujudkannya. Kesiapan tersebut dapat dilihat salah satunya dari tingkat pengetahuan ajaran Islam beserta ilmu-ilmu pendukungnya sebelum melakukan integrase dengan ilmu pengetahuan umum dan teknologi dan/atau seni. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode AHP untuk melihat tingkat pengetahuan ajaran Islam para dosen yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Factor yang cukup baik adalah pengenalan kosa kata umum bahasa Arab dan Pengetahuan dasar al-Qur’an. Sedangkan faktor yang kurang baik adalah pelaksanaan ibadah dan wawasan umum keislaman. Sementara factor yang sangat tidak baik adalah tokoh Islam dan sejarah Islam  dan pengetahuan hadits. Berdasarkan hasil penelitian maka perlu dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman dosen Fakultas Sains dan Teknologi berdasarkan prioritas adalah sebagai berikut Pembelajaran bahasa Arab (sebagai dasar memahami teks ajaran agama Islam), Pembelajaran al-Qur’an sebagai pedoman utama umat Islam, Pembelajaran hadist sebagai penjelasan ayat-ayat al-Qur’an dan pedoman umat Islam, Peningkatan pelaksanaan ibadah dan muamallah, Pembelajaran terkait tokoh dan sejarah Islam yang telah menginspirasi dunia sehingga timbul motivasi, dan Peningkatan wawasan keislaman