Perancangan Strategi Pemasaran Berdasarkan Tipe Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Asuransi Jiwa di Kota Pekanbaru (Studi Kasus: Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru Kota)

Abstract

Perilaku konsumen merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan market share,  karena konsumen merupakan komponen lingkungan yang mampu mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Informasi ini tentunya sangat penting untuk menerapkan strategi pemasaran. Objek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan asuransi jiwa yang ada di kota Pekanbaru. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner ke Perkantoran Sudirman Raya Pekanbaru. Dengan diketahuinya tipe-tipe perilaku konsumen yaitu perilaku konsumen mengurangi keraguan, dimana tingkat keterlibatan konsumen dalam memilih produk tinggi sedangkan perbedaan merek tidak signifikan maka dapat disusun strategi pemasaran untuk perusahaan asuransi jiwa di Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian dapat diketahui 2 jenis perusahaan asuransi jiwa, yaitu perusahaan yang tergolong market leader seperti AJB Bumiputera dan perusahaan yang tergolong follower seperti: Prudential, Jiwasraya, Allianz, AXA, dll. Strategi pemasaran untuk perusahaan market leader yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi, Focus, dan Unit bisnis. Sedangkan strategi pemasaran untuk perusahaan follower yaitu: Bancassurance, Diffrensiasi dan Unit link. Kata Kunci: Asuransi, Konsumen, Kuesioner, Strategi.