IMPLEMENTASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI BELAJAR AKTIF KOOPERATIF METODE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 5 MEDAN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kelancaran proses pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan dengan Strategi Belajar Aktif Kooperatif Team Games Tournament, (2) mengetahui sejauh mana minat dan kemauan siswa di kelas XII dalam belajar Bahasa Inggris dengan dilakukannya pembelajaran Strategi Belajar Aktif Kooperatif Team Games Tournament, (3) mengetahui seberapa besar tingkat prestasi hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII dengan menerapkan Strategi Belajar Aktif Kooperatif Team Games Tournament.Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Belajar Aktif Kooperatif Team Games Tournament secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII adalah 61,34 dengan simpangan baku 10,38 (kategori rendah). Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I nilai hasil belajar siswa rata-rata menjadi 69,76 dan standar deviasi 9,42 (kategori sedang). Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu 79,48 berada kategori baik dengan simpangan bakunya 8,48. Hal ini serupa dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan kelas, tingkat ketuntasan belajar adalah 55,26%. Pada siklus I ketuntasan siswa menjadi 73,68%. Pada siklus ke II persentase tingkat ketuntasan siswa menjadi 92,11%. Terdapat pengaruh yang signifikan setelah diterapkan Strategi Belajar Aktif Kooperatif Team Games Tournament pada mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap hasil belajar siswa di Kelas XII SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 baik siklus I maupun siklus II.