INOVASI PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 2 MAZINO, KECAMATAN MAZINO KABUPATEN NIAS SELATAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran PKn berbasis konstruktivisme dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Mazino, Kecamatan Mazino, Kabupaten Nias Selatan. Inovasi pembelajaran ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan siklus pembelajaran di kelas (perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi) dengan menerapkannya pada dua kali siklus tindakan. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda, yaitu pada siswa VIII kelas A dan siswa VIII kelas B. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam, mengumpulkan dokumen, pemberian tes, penggunaan format self-assessment, serta penilaian portofolio siswa. Analisis data dilakukan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran PKn berbasis konstruktivisme ini berhasil dikembangkan dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran sebagai berikut. (1) memberikan tugas mandiri kepada siswa; (2) pemodelan presentasi menggunakan media komputer oleh dosen; (3) presentasi dan diskusi debat oleh siswa; dan (4) pelaksanaan praktik belajar kewarganegaraan berorientasi kebijakan publik.