MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL SMK NEGERI 5 MEDAN PADA MATERI MENGGAMBAR SIMBOL-SIMBOL KELISTRIKAN MENGGUNAKAN AUTOCAD TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa jika menggunakan perangkat lunak AutoCAD pada materi menggambar simbol dan rangkaian kelistrikan SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan perangkat lunak AutoCAD. Manfaat penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menggambar simbol-simbol kelistrikan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan prestasi belajar tentang menggambar simbol-simbol kelistrikan dengan menggunakan AutoCAD. Hal ini terlihat pada hasil tes kemampuan awal/metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar 58 dan ketuntasan belajar sebesar 21,1%. Sehingga belum bisa dikatakan berhasil karena masih di bawah dari indikator keberhasilan. Untuk hasil post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan belajar 33,3%. Sedangkan untuk hasil post test siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,6 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,3%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat dari 45,8% (siklus I) menjadi 91,7% (siklus II). Peningkatan hasil belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus I yaitu sebesar 6,97 dan besarnya peningkatan hasil belajar dari kemampuan awal siswa sampai siklus II yaitu sebesar 20,5.Kata Kunci : AutoCAD, Hasil Belajar, Simbol-Simbol Kelistrikan