MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KOMPETENSI DASAR MEMBAGI GARIS LURUS PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
AbstrakMasalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya kreativitas siswa pada pelajaran Gambar Teknik Dasar materi membagi garis lurus di Kelas X SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa pada pelajaran Gambar Teknik Dasar materi membagi garis lurus dengan menggunakan metode pemberian tugas di Kelas X SMK Negeri 5 Medan T.A 2016/2017. Dengan adanya kreativitas siswa dalam belajar sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.Berdasarkan angket awal yang dilakukan terhadap 26 siswa terdapat 10 orang siswa (38,5%) yang mendapatkan hasil belajar rendah dan hanya 4 orang siswa (15,4%) yang memiliki nilai baik dan nilai rata-rata yang diperoleh 64,3%. Kemudian pada siklus I ada 6 orang siswa atau (23,1%) yang mendapat kriteria nilai baik dengan rata-rata nilai 65,2%. Pada siklus II meningkat menjadi 21 orang atau (80,8%) pada kriteria kreativitas baik dan rata-rata nilai yang diperoleh 86,5%. Pada angket pertemuan akhir terdapat 3 orang siswa (11,5%) yang mendapat hasil belajar rendah dan hanya 21 orang siswa (80,7%) yang mendapat hasil belajar baik dan nilai rata-rata yang diperoleh 80,5%. Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari siklus I dan siklus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkanĀ kreativitas siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di Kelas X SMK Negeri 5 Medan.Kata kunci : Kreativitas, Metode Pemberian TugasĀ