PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI SMA HARAPAN 1 MEDAN

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Harapan 1 Medan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari lima kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematik. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Kemampuan Komunikasi Matematik