PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRADING PLACE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDIAGNOSA KERUSAKAN SISTEM STARTER MATA PELAJARAN TEKNIK MESIN DI KELAS XII SMK SWASTA MEDAN PUTRI T.A. 2017/2018
Abstract
RINGKASAN- Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dilakukan di Kelas XII, yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Setelah pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place pada siklus I sebanyak 0 siswa (0%) siswa yang aktif dan 31 siswa (100%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 520 dan rata-rata skor 16,77 sedangkan jumlah % skor adalah 1625,07% dan rata-rata % skor adalah 52,42%. Pada siklus I pertemuan 2 terdapat 16 siswa (51,61%) siswa yang aktif dan 15 siswa (48,39%). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 22 siswa (70,97%) siswa yang aktif dan 9 siswa (29,03%) siswa yang tidak aktif. Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 31 siswa (100%) siswa yang aktif dan 0 siswa (0%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 851 dan rata-rata skor 27,45 sedangkan jumlah % skor adalah 2659,45% dan rata-rata % skor adalah 85,79%.Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place pada siklus I dengan nilai rata-rata adalah 67,65 dan pada siklus II adalah 80,06. Tindakan peneliti yang berperan selaku guru diamati oleh wali kelas dan nilai yang diperoleh guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 73,33, siklus I pertemuan 2 adalah 80,00. Sedangkan peningkatan terlihat pada siklus II pertemuan 1 adalah 86,67, siklus II pertemuan 2 adalah 100. Sehingga rata-rata nilai dari siklus I dan II memperoleh nilai 85,00 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Strategi Belajar Aktif Tipe Trading Place, Aktivitas Belajar