Pemanfaatan Computer Assisted Instruction Model Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa dengan pemanfaatan CAI model Tutorial. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi siswa kelas tujuh di SMP Negeri 2 Garut, sampelnya yaitu siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-G sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis. Dengan menggunakan uji satu pihak dan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pemanfaatan CAI model Tutorial lebih baik secara signifikan  daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dan hasil analisis kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan CAI model Tutorial secara keseluruhan bersifat positif atau menerima. Kata kunci : Computer Assisted Instruction,CAI, model Tutorial, kemampuan komunikasi, kemandirian belajar