Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Di SMAN 3 Mataram

Abstract

Guru adalah makhluk sosial yang dalarn kehidupannya tidak bisa terlepas dari  kehidupan  sosiaI  rnasyarakat  dan  Iingkungannya. Oleh  karena  itu  guru dituntut untuk memiliki kompotensi sosial yang memadai, terutama halnya yang berkaitan dengan Pendidikan. kaitannya dengan pendidikan yang tidak terbatas pada pembelajaran di sekolah, tetapi juga pada pendidikan yang terjadi dan berlangsung di masyarakat, Dalam pandangan masyarakat sendiri, guru adalah pribadi yang harus sempurna. Setiap ucapan  dan tindakannya  adalah pelajaran  yang harus  di dengar  dan diteladani. Untuk melakukan peran tugas di masyarakat,  guru harus memiliki kompetensi sebagai  berikut  :  (1)  mampu  berkomunikasi  dengan  masyarakat,  (2) mampu bergaul dan melayani guru-guru yang berbeda Agama dengan baik, (3) mampu mendorong dan menunjang  kretivitas  masyarakat, dan  (4)  menjaga  emosi  dan  perilaku  yang kurang baik. Lokus penelitian ini adalah Kecamatan Mataram sebagai daerah yang mempunyai kondisi kehidupan beragama yang plural  (majemuk).  Adapun  fokus  penelitian  adalah tentang peran sosial  guru Pendidikan Agama Islam   SMAN 3 Mataram  dengan   umat   beragama   dan keterlibatannya  dalarn  membina  kerukunan  di tengah  masyarakat  yang plural tersebut. Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kualitatif,  bersifat deskriptif¬ analitik, lebih memperhatikan proses daripada produk, cenderung menganalisis data secara empiris dan meaning (makna) yang merupakan hal esensial dalam penelitian  kualitatif.  Sumber  data  penelitian  ini  adalah   Masyarakat, guru  PAI  SMAN 3 Mataram, Peserta didik .