Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi masalah krusial dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, perlu adanya upaya agar pembelajaran IPS dapat menstimulus siswa untuk berpikir kritis, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini,“apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS?”. Sementara itu,tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi terbatas yaitu siswa kelas V SDN Tanjungsari. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga terdapat dua kelas yang dijadikan sebagai sampel, yaitu kelas VA yang berjumlah 20 orang dan VB yang berjumlah 20 orang. Kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol, dan mendapat model pembelajaran konvensional berbasis media gambar. Sementara itu, kelas VB dijadikan sebagai kelas eksperimen, dan mendapat model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pilihan ganda dan uraian), serta lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis secara statistik, diperoleh hasil thitung sebesar 2,89 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (ɑ =0,05) sebesar 2,025. Dari hasil tersebut, maka dapat dinotasikan thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran kooperatif tipe NHT