Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Tentang Materi Energi Panas Dan Sifatnya
Abstract
Abstract—Penerapan Model Cooperative learning tipe Snowball Throwing bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi Energi Panas dan Sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 15 perempuan dan 5 laki-laki.Di SD Negeri 3 Pawindan Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus.Instrumen pengumpulan data berupa tes siklus, lembar observasi aktivitas guru, siswa dan lembar observasi sikap, kinerja siswa.Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengalami peningkatan. Data menunjukkan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 46,65 pada tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 72,25 dan pada tindakan pembelajaran siklus III terjadi peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 83,75. Terdapat perubahan sikap dan kinerja siswa setelah tindakan pembelajaran dari kategori cukup menjadi baik. Penerapan model Snowball Throwing mencakup lima komponen yaitu Cooperative learning, Investigation, Inquiry, Questioning dan Constructivism (pengelompokkan, penyelidikan, penemuan, pertanyaan dan pembentukkan). Disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative learning tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 3 Pawindan Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing, Hasil belajar