Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
ABSTRAK_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media film dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 6 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan Tes, wawancara, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penyebaran angket penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1.Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebelum digunakan media film di kelas X SMA Negeri 6 Garut tergolong dalam kategori sangat rendah. 2.Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sesudah digunakan media film di kelas X SMA Negeri 6 Garut tergolong dalam kategori sangat baik. 3.Media film memiliki peranan yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X SMA Negeri 6 Garut berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi dan uji gain ternormalisasi hasil koefisien korelasi yaitu sebesar 32,9% dan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Media Pembelajaran Film, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PKn.