PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN VARIASI MODEL CAROUSELL FEEDBACK PADA PEMBELAJARAN PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Discovery Learning  dengan variasi Carousell Feedback dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi Persatuan dalam Keberagaman Bangsa Indonesia di Kelas IX – B SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis and Taggart, dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Tahapan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas peserta didik. Hasil analisis terhadap data yang diperoleh bahwa aktivitas peserta didik pada pra tindakan sebesar 25%% menjadi 100% pada siklus II, berarti terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebesar 75%. Rerata hasil belajar meningkat dari 72,38 di siklus I menjadi 84,38 pada siklus II. Presentasi ketuntasan belajar meningkat dari 15,63% pada pra tindakan menjadi 96,88% pada siklus II, berarti terjadi peningkatan sebesar 81,25%. Dari data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan variasi model carousell feedback efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi Persatuan dalam keragaman SARA dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika pada peserta didik kelas IX – B SMP Negeri 17 Tasikmalaya.