Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ciri-Ciri Lingkungan Yang Sehat Dan Tidak Sehat Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih danmenggunakan beberapa metode mengajar dari berbagai pendekatanpembelajaran yang sesuai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Manggarai 05 KecamatanTebet Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA tentang Konsep lingkungan yangsehat dan tidak sehat melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual. Jenis penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas, data yang diambil adalah siswa kelas IIIyaitu dengan teknik penerapan pendekatan konstekstual. Data hasil belajar IPAdiambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaianmaupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penilaian inidengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis dataperkembangan siswa dari siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaterjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapatrata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,8 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi70,9, rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,0. Berdasarkan perhitungan regresilinier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.32 point atau 32%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran denganmenggunakan media pembelajaran di SD Negeri Manggarai 05 Kecamatan TebetJakarta Selatan sebesar 0.315 point atau 31,5 %