Meningkatkan Pembelajaran Gerak Dasar Dribbling Dengan Kaki Bagian Dalam Dan Luar Dalam Sepak Bola Melalui Permainan Zig-Zag Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Srengseng Sawah 11 Pagi

Abstract

Berdasarkan observasi di lapangan, hasil tes praktek dribbling dengankaki bagian dalam dan luar pada Siswa SD Negeri Srengseng Sawah 11 PagiKecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan masih kurang maksimal. Adapun yangmelatar belakangi permasalahan tersebut adalah disebabkan karena kelengkapansarana dan prasarana yang mampu mendukung anak untuk memaksimalkankemampuannya dalam permainan sepak bola tidak tersedia hal tersebut jugadiakibatkan karena praktek pembelajaran yang kurang berjalan dengan baik,mungkin karena hal itu yang mengakibatkan anak kurang dapat melakukanketerampilan dalam permainan sepak bola. Karena fakta diatas penelitiberpikiran untuk memperbaiki pembelajaran melalui permainan gunameningkatkan gerak dasar dribbling dimana permainan yang digunakan yaitupermainan zig-zag. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahuibagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana kinerja guru dalammelaksanakan proses pembelajaran, untuk mengetahui aktivitas siswa danpeningkatan hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam dan luar melaluipermainan zig-zag dengan penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran.Penilaian proses pembelajaran dilakukan dengan observasi, wawancara, danaktivitas anak yang meliputi aspek antusias, disiplin, dan kerjasama. Sedangkantes akhir dilakukan dengan tes praktik melakukan dsribbling pada pembelajaransepakbola. Pelaksanaan kinerja guru mengalami peningkatan dari pertemuan Isampai pertemuan IV. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase setiapsiklusnya selama penggunaan permainan dribblingpada pembelajaran sepakbola.