Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang

Abstract

PTK ini berjudul “Penggunaan Metode Eksperimen untukMeningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa TentangPengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan dalamPembelajaran IPA di Kelas VI SD Negeri Pondok Pinang 02 Petang JakartaSelatan “. Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapanganterutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanyadilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-ratapemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu punketerampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakanmetode eksperimen atau percobaan dalam pembelajaran. Berdasarkan haltersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahamankonsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkungan setelahmelalui metode eksperimen?; (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sainssiswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokokbahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPAkelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SDNPondok Pinang 02 Petang Jakarta Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VItahun pelajaran 2017/2018 semester I, yang berjumlah seluruhnya 29 siswadengan rincian 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Jurnal Eksperimen, Observasi, Soal TesHasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah denganmenggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep danketerampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadapkeseimbangan lingkungan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD NegeriPondok Pinang 02 Petang Jakarta Selatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa padasiklus I pertemuan 1 sebesar 68,79; siklus I pertemuan 2 sebesar 76,55; siklus IIpertemuan 1 80,69, dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,17. Demikian puladengan keterampilan proses sains siswa setiap siklusnya selalu mengalamipeningkatan terutama aspek mengamati