Model Pelatihan Kecakapan Hidup dan Pendampingan Kewirausahaan terhadap Upaya Memelihara Kemampuan Keaksaraan
Abstract
Buta aksara kembali dari sebagian warga belajar yang sudah mengikuti pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar terbukti adanya. Hal ini terjadi dikarenakan tidak terpelihara dan/atau tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain tingkat keaksaraan orang dewasa merupakan komponen penting dari aspek pendidikan yang dapat menaikkan indeks pembangunan manusia.Penelitianinididesaindenganmenggunakanpendekatan PenelitiandanPengembangan, atau Research and Development dengan tehnik analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan model pelatihan kecakapan hidup dan pendampingan kewirausahaan (before-after) terhadap satu kelompok (one group pretest-posttest design)dengan satu macam perlakuan.Hasilpenelitianmenunjukanbahwamodel baru terbukti efektif dalam upaya memelihara kemampuan keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan fungsional tingkat dasar. Kata kunci : Pelatihan kecakapan hidup, pendampingan kewirausahaan , dan keaksaraan.