Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Pesawat Sederhana Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses pembelajarandan perolehan hasil belajar yang tidak seimbang antara aspek kognitif, afektif danpsikomotor di SD Negeri Tebet Barat 01 Kecamatan Tebet Jakarta Selatan.Subjek penelitian dilakukan di kelas V SD dengan jumlah siswa 30 orang yangterdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Perbaikan dititik beratkan pada pemilihan model pembelajaran, agar model yang dipilih lebihmengutamakan keterlibatan siswa secara efektif di dalam memahami danmenerapkan konsep yang dipelajarinya, model yang dimaksud adalah modelpenerapan metode pembelajaran koperatif teknik jigsaw. Upaya guru dalammeningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep jenis-jenis pesawat sederhanamelalui model koperatif teknik jigsaw diawali dengan menyusun perencanaanpembelajaran yang mengacu pada KTSP 2006, pelaksanaan pembelajaran melaluialur (a) Pengungkapan pengetahuan awal, (b) Eksplorasi, (c) Diskusi danPenjelasan konsep dan (d) Pengembangan dan Aplikasi konsep. Dari data hasilanalisis terhadap pengetahuan awal siswa, terbukti bahwa pemahaman terhadapkonsep jenis-jenis pesawat sederhana siswa masih sangat minim. Dalam prosespembelajaran IPA, siswa mengalami perkembangan dalam aspek keterampilanmengamati, mengkomunikasikan, berdiskusi. Sikap ilmiah siswa pun mengalamipeningkatan baik selama proses pembelajaran maupun setelah prosespembelajaran diantaranya; sikap bekerja sama, dan sikap ingin tahu. Aktivitasdi luar jam pelajaran dari siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2, siklus IIpertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 semakin berkurang dan pembelajaransemakin efektif dan tentunya menyenangkan. Pada siklus I pertemuan 1 hasilbelajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 63,50. Pada siklus I pertemuan 2hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,83 dari siklussebelumnya. Pada siklus II pertemuan 1 hasil belajar siswa mengalamipeningkatan dengan nilai rata-rata 81,00 dari siklus sebelumnya. Dan siklus IIpertemuan 2 rata–rata nilai 87,40. Peningkatan hasil belajar ini sebagai buktibahwa model koperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswatentang konsep jenis-jenis pesawat sederhana pada pembelajaran IPA di kelas VSekolah Dasar dalam II siklus tindakan.