Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Tanah Di Kelas V

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar siswapelajaran IPA pada pokok bahasan jenis-jenis tanah di SDI Al Azhar 8Kembangan Jakarta Barat, hal ini ditunjukan dari hasil nilai ulangan harian yangdiperoleh siswa kelas V, dari 31 siswa hanya 40% siswa yang dapat mencapaiKKM yang ditentukan yaitu 50. Hal ini tidak sesuai dengan target yangdiharapkan yaitu 80. Hal ini terjadi karena guru hanya mengunakan metodeceramah dan pemberian tugas sehingga diperoleh pembelajaran yang kurangefektif. Untuk pemecahan masalah ini peneliti menerapkan pendekatanpembelajaran kontekstual (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampelajaran IPA materi jenis-jenis tanah di kelas V. Berdasarkan permasalahantersebut, maka tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampelajaran IPA materi jenis-jenis tanah dikelas V. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi modelKemmis & Mc. Taggart dengan 2 siklus 4 pertemuan, setiap siklusnya terdiri dariempat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan(observasi) dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatanpembelajaran kontekstual (CTL) pada pembelajaran IPA menunjukkan adanyapeningkatan hasil belajar siswa, terlihat dari hasil rata-rata yang meningkat untuksetiap siklusnya mulai dari siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata pretes 23,87,postes 47,09 dan N-Gain 30,23 siklus I P2 rata-rata pretes mencapai 26.45, postes55.32 dan N-Gain 39.30, siklus II P1 rata-rata pretes mencapai 24.51, postes 67.41dan N-Gain mencapai rata-rata 56.41,dan siklus II P2 mencapai rata-rata pretes7.09, postes 82.9 dan rata-rata N-Gain mencapai 83.23. Berdasarkan hasilpenelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatanpembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran IPA materi jenis-jenis tanah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, adabeberapa saran yang hendak disampaikan, antara lain: (1) Dalam proses kegiatanbelajar mengajar guru mampu mengkondisikan kelas, (2) Dalam menyampaikanmateri pembelajaran seharusnya guru mampu mengatasinya dengan memilihmetode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, dan (3) Untukmencapai hasil belajar yang maksimal sebaiknya guru dapat mengatasinya denganmenerapkan berbagai cara melalui pendekatan, metode, dan model pembelajarandalam memperbaiki proses pembelajaran.