Konsep Pendidikan Tasawuf Amali menurut Syaikh Utsman ibn Hasan ibn Ahmad Syakir Al-Khaubawi dalam Kitab Durrah An-Nasihin dan Implementasinya dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Konsep pendidikan tasawuf amali yang sesuai dengan abad 21 karena kondisi sekarang manusia berada pada zaman materialisme dan mengendalikan diri diatas tuntunan dan norma islami sebagai akibat dari akibat pengaruh arus globalisasi dan modernisasi. Dari alasan diatas, penulis tertarik untuk menganalisis kitab Durrah An-Nasihin yang dikarang oleh syaikh Utsman ibn Hasan ibn Ahmad Syakir Al-Khaubawi untuk dijadikan rujukan dalam menemukan konsep pendidikan tasawuf amali juga kitab ini memiliki keunikan dan gagasan yang menjadi bacaan kaum pesantren (santri) sebagai landasan berfikir, bertindak, berperilaku dan berucap. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan tasawuf amali menurut kitab Durrah An-nasihin dan implementasinya dalam pembelajaran PAI.penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer yang digunakan ialah kitab Durrah An-Nasihin dan data sekundernya adalah Al-Qur’an, Hadits, artikel dan buku ilmu pengetahuan lainnya.adapun pengumpulan data dilakukan ialah dokumentasi yakni pengumpulan data seseorang baik berupa tulisan, gambar atau karya. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan tasawuf amali menurut kitab Durrah An-nasihin mengandung empat hal pokok, yaitu wara’, menafkahkan harta di jalan Allah, mengikuti sunnah nabi saw dan berteman dengan fakir dan miskin.Implementasi konsep tasawuf amali dalam pembelajaran PAI terdapat pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas XI semester genap. Kata Kunci: Tasawuf Amali. kitab Durrah An-Nasihin, Pembelajaran PAI