Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bilangan Loncat Dengan Menerapkan Garis Bilangan

Abstract

Abstract—Bilangan loncat adalah salah satu bagian dari pembelajaran matematika tentang bilangan. Siswa kelas 1 SD Negeri Manggarai 17 Pagi Kecamatan  Tebet Jakarta Selatan mengalami  kesulitan  dalam mengurutkan bilangan  loncat  tersebut  baik  secara  berurut maju maupun  secara  berurut mundur  apalagi  dalam menentukan angka di posisi-posisi tertentu, hal  ini terlihat dari contoh salah satu hasil ulangan siswa yang memperoleh nilai kurang memuaskan, sehingga perlu adanya penelitian untuk mengetahui  latarbelakang masalahnya dan mencari strategi  atau  cara untuk mencari  solusi yang terbaik agar konsep bilangan  loncat mudah dipahami oleh siswa. Tujuan  diadakan  penelitian  ini  adalah  pertama, untuk  mengetahui  aktivitas  siswa  dalam  meningkatkan pemahaman mengurutkan bilangan secara loncat dengan menggunakan garis bilangan, kedua untuk mengetahui penerapan  garis  bilangan  dapat  meningkatkan  pemahaman  siswa  tentang  konsep  bilangan  loncat. Metode penelitian ini menggunakan. model Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan sistem spiral yang terdiri dari dua  siklus. Tiap  siklus  dimulai  dari  rencana (planning), kemudian  tindakan (acting), dilanjutkan  dengan observasi (observing) dari  tindakan yang telah dilakukan, dan yang terakhir adalah  refleksi (reflecting). Setiap tahapan  tersebut  berfungsi  saling  menguraikan  karena pada masing-masing  tahapan  meliputi proses penyempurnaan yang harus  dilaksanakan  secara  terus menerus  sehingga mendapatkan  hasil yang diinginkan. Ternyata penerapan garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam memahami bilangan loncat, hal ini terlihat  dari  peningkatan  nilai rata-rata kelas  ataupun  nilai rata-rata kelompok  dalam menyelesaikan  evaluasi pada setiap akhir  siklus  dan penerapan garis bilangan dapat direkomendasikan untuk bahasan lain yang masih relevan dan efektif sekalipun dalam situasi dan kondisi yang berbeda.  Kata Kunci— Pemahaman, BilanganLoncat, dan GarisBilangan.