Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Bilangan Loncat Dengan Menerapkan Garis Bilangan
Abstract
Abstract—Bilangan loncat adalah salah satu bagian dari pembelajaran matematika tentang bilangan. Siswa kelas 1 SD Negeri Manggarai 17 Pagi Kecamatan Tebet Jakarta Selatan mengalami kesulitan dalam mengurutkan bilangan loncat tersebut baik secara berurut maju maupun secara berurut mundur apalagi dalam menentukan angka di posisi-posisi tertentu, hal ini terlihat dari contoh salah satu hasil ulangan siswa yang memperoleh nilai kurang memuaskan, sehingga perlu adanya penelitian untuk mengetahui latarbelakang masalahnya dan mencari strategi atau cara untuk mencari solusi yang terbaik agar konsep bilangan loncat mudah dipahami oleh siswa. Tujuan diadakan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan pemahaman mengurutkan bilangan secara loncat dengan menggunakan garis bilangan, kedua untuk mengetahui penerapan garis bilangan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bilangan loncat. Metode penelitian ini menggunakan. model Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan sistem spiral yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dimulai dari rencana (planning), kemudian tindakan (acting), dilanjutkan dengan observasi (observing) dari tindakan yang telah dilakukan, dan yang terakhir adalah refleksi (reflecting). Setiap tahapan tersebut berfungsi saling menguraikan karena pada masing-masing tahapan meliputi proses penyempurnaan yang harus dilaksanakan secara terus menerus sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Ternyata penerapan garis bilangan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam memahami bilangan loncat, hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas ataupun nilai rata-rata kelompok dalam menyelesaikan evaluasi pada setiap akhir siklus dan penerapan garis bilangan dapat direkomendasikan untuk bahasan lain yang masih relevan dan efektif sekalipun dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Kata Kunci— Pemahaman, BilanganLoncat, dan GarisBilangan.