PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MELAKSANAKAN TRI SANDYA PADA ANAK DI TK. HINDU CANANG SARI TEGALCANGKRIG KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar Siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Salah satumasalahdalampendidikanadalahmetodepembelajaran yang digunakanoleh Guru untukmelaksanakan proses pembelajaran pada siswa khususnya untuk anak usia dini/Taman Kanak-kanak.Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimanakah Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Kendalaapa sajakah yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Upaya apa sajakah yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkan Tri Sandya Pada Anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menjelaskan Penerapan Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori belajar behavioristik dari Gage danBelinerdan teori Konvergensi oleh John Locke. Informan dijaring dengan teknik Purposive,data dikumpulkan dengan teknik observasinon partisipan, wawancaramendalamdanterstruktur, studi kepustakaan dan dekomentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kulitatif dengan langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan (1) ProsesPembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandyapada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,(2)Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,dan (3) Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.