Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini

Abstract

Teknologi pada era revolusi industri 4.0 memberi pengaruh pada mainan anak. Anak menyukai mainan modern yang tidak ada nilai kearifan lokal. Padahal kearifan lokal dapat menunjang pembangunan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mainan susun balok seimbang kearifan lokal diterapkan pada anak usia 5-6 tahun dan ditinjau dari sudut pandang aspek perkembangan anak dan pengenalan nilai budaya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang penggambaran objek dan subjek penelitian berdasarkan hasil perhitungan data. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sasaran subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian berdasarkan aspek perkembangan dan aspek kearifan lokal memperoleh data dengan kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa mainan susun balok seimbang berbasis kearifan lokal Yogyakarta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran maupun sebagai alat bermain untuk anak usia 5-6 tahun dengan baik sekali.