Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Bromo. Menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 yang berjumlah 54 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak dengan membuat undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan cara mengocok 3 gulungan kertas yang berisi nama kelas TK B ABA 06. Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dan kelas kontrol 15 orang anak dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan dari metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat anak usia usia dini.