Hubungan Faktor-Faktor Kelengkapan Berkas Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pengembalian Status Klaim Oleh BPJS Kesehatan Kota Medan Kepada Rumah Sakit Royal Prima Tipe B Medan Tahun 2018

Abstract

Klaim BPJS merupakan pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Kelengkapan berkas klaim sangat mempengaruhi kecepatan dan kelancaran penagihan klaim BPJS. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan kurang lengkapnya berkas klaim BPJS (Surat Eligibilitas Peserta, rekam medis, resume medis, output INA-CBGs, Kartu BPJS) sehingga memperlambat proses pengklaiman berkas BPJS Rumah Sakit Royal Prima Medan kepada pihak BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan faktor-faktor kelengkapan berkas pasien BPJS rawat jalan terhadap pengembalian status klaim oleh BPJS Kesehatan Kota Medan Kepada Rumah Sakit Umum Royal Prima. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah status pasien bulan November 2018 yang dipulangkan pihak BPJS sebanyak 50 status pasien. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara surat eligibilitas pasien, rekam medis, INA-CBGs, KIS pasien BPJS rawat jalan terhadap pengembalian status  klaim. Diharapkan pihak rumah sakit harus tetap memperhatikan dan meningkatkan hal tersebut agar terciptanya pelayanan yang bermutu dan berkualitas tinggi di Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan