GAMBARAN SELF MANAGEMENT PADA MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN SETIH SETIO

Abstract

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang dalam proses menimba ilmu ataupun belajar dan terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu bentuk perguruan tinggi yang terdiri dari akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas (Hartaji, 2012). Dalam proses belajar, mahasiswa akan menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir akan didapat keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Kemampuan manajemen diri merupakan hal yang harus dimiliki mahasiswa. Karena mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki kemampuan mengelola diri yang baik. Di mana mengelola diri merupakan pengendalian diri terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan, sehingga mendorong pada penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar (Hasrita, 2010). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan dilakukan melalui pendekatan potong lintang (cross sectional). Penelitian ini menggambarkan tentang self management mahasiswa Akademi Keperawatan Setih Setio. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hampir sebagian Mahasiswa Akademi Keperawatan Seith Setio memiliki self management yang sedang (44,2%)  dan tinggi (33,8%) sedangkan sebagian kecil Mahasiswa Akademi Keperawatan Setih Setio memiliki self management yang rencah (22,0%). Self management yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut merupakan upaya mahasiswa untuk meningkatkan prestasi mereka baik di bidang akademik mamupun non-akademik di Akademi Keperawatan Setih Setio.