INFORMATION CONTRIBUTION MARGIN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA BAGI MANAJEMEN
Abstract
Abstract, This study aims to determine the expected profit level planning and to determine the amount of sales generated to achieve the desired profit level. Information Contribution Margin is one of the tools used by company management to help determine a certain level of sales, where the company does not get profits and also does not experience losses (break-even point). The type of research used in this research is descriptive with a quantitative approach. This research was compiled using library research methods (library research) by conducting data simulations so that a conclusion was obtained. The results of the study indicate that contribution margin information is very useful in making corporate profit planning for management. Keywords, contribution margin, profit, planning, break even point Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan tingkat laba yang diaharpkan dan untuk mengetahui jumlah penjualan yang dihasilakan untuk mencapai tingkat laba yang diinginkan tersebut. Infmorasi Contribution Margin merupakan salah satu alat yang digunakan oleh manajemen perusahaan untuk membantu mengetahui tingkat penjualan tertentu, dimana perusahaan tidak memperoleh keuntungan dan juga tidak mengalami kerugian (titik impas). Jenis peneitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini disusun dengan mengunakan metode studi pustaka (library research) dengan melakkan simulasi data sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkah bahwa informasi contribution margin sangat bermanfaat dalam membuat perencanaan laba perusahaan bagi manajemen. Kata Kunci, marjin kontribusi, laba, perencanaan, titik impas