Kendala Kebahasaan dalam Penulisan Karya Ilmiah Berupa Skripsi bagi Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dominan terhadap penulisan skripsi dan faktor-faktor yang menjadi kendala terhadap penulisan skripsi bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka yang berarti bahwa peneliti hanya mengumpulkan data dari skripsi pada mahasiswa bimbingan peneliti dan mahasiswa yang diuji dalam seminar hasil penelitian. Populasi penelitian ini adalah semua aspek kebahasaan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Oleh karena semua aspek dalam PUEBI sangat luas, maka peneliti membatasi penggunaan sampel dengan menggunakan teknik purposif, yaitu diksi, kalimat efektif (koherensi dan paralelisme), konjungsi, tanda baca, dan paragraf (paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup). Selanjutnya, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pencatatan, dan dokumentasi. Data diambil dari 21 mahasiswa yang telah dibimbing dan diuji dalam seminar skripsi.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dominan mempengaruhi mahasiswa dalam penulisan skripsinya adalah membentuk kalimat-kalimat efektif, memilih kata yang tepat (diksi), menggunakan konjungsi, dan membentuk paragraf pembuka dan penutup. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kurangnya latihan dalam penulisan, membaca, dan hanya bergantung pada arahan/bimbingan.