Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Scramble Wacana pada Siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Bantimurung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Abstract

Pembelajaran dengan penggunaan teknik scramble wacana dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa Kelas IX -3 SMP Negeri 10 Bantimurung. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan proses dan produk pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik scramble wacana. Dengan diterapkannya teknik scramble wacana siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa juga lebih berani untuk mengungkapkan pendapatnya, bertukar pikiran serta tidak malu lagi untuk bertanya. Guru juga berhasil menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Peningkatan nilai menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada siklus I ditunjukkan nilai rerata dari 63,6 pada pre-test menjadi 69,9 pada post test akhir siklus I. Pada siklus ini rerata meningkatkan sebesar 6,3 atau 9,90%. Sementara itu, siswa yang telah mencapai  KKM juga mengalami peningkatan 28% dari 36% menjadi 64%. Sedangkan pada siklus II, kemampuan siswa dalam membaca pemahaman meningkat dibandingkan pada post tes akhir siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada silklus II ditunjukkan nilai rerata dari 69,9 pada post tes akhir siklus I menjadi 78,44 pada post tes akhir siklus II. Pada siklus ini nilai rerata meningkat 8,54 atau 12,10% dari post test akhir siklus I. Sementara itu, siswa yang telah mencapai KKM juga meningkat 32% dari 64% menjadi 92%. Hal ini rasa sudah cukup memuaskan bagi guru dan peneliti, karena indikator keberhasilan sudah tercapai.