Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz

Abstract

Pembelajaran kitab kuning dianggap sulit oleh para santri di pondok pesantren. Terdapat fenomena, metode Tamyiz efektif untuk mengatasi kesulitan membaca kitab kuning. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Tamyiz menjadi kunci strategis bagi santri agar bisa langsung membaca, menguraikan struktur kata sekaligus menerjemahkan kitab kuning. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz,penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini mendeskripsikan secara komprehensif, holistic, dan integratif secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz menentukan tujuan pembelajaran, langkah-langkah yang digunakan, dan bahan ajar yang dikembangkan sudah baik, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam dilandasi dengan prinsip mengajar fun and active teching sehingga hasil pembelajaran lebih optimal. Namun, beberapa aspek perlu lebih diperhatikan, penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam, santri merupakan objek penilaian utama. Penilaian menggunakan instrument penilaian kemampuan belajar (Pre Test dan Post Test), motivasi belajar, kebiasaan belajar, perhatian belajar, dan penilaian formatif dan sumatif seluruhnya sudah baik, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam mengintegrasikan pembelajaran dengan teori para ahli pendidikan sehingga perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, dan penilaian pembelajaran secara efektif dan efisien.