Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tingkat keterampilan siswa dalam membaca al-Qur’an di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari yang belum memenuhi indikator pencapaian yang telah ditetapkan. Hal ini didasari atas pengamatan di lapangan yang peneliti lakukan di kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari tahun pelajaran 2016/2017. Terdapat sebanyak 10 siswa (40%) pada kategori tidak lancar membaca al-Qur’an (terbata-bata) dan 8 siswa (32%) berada pada kategori kurang lancar dalam membaca al-Qur’an dari total 25 siswa di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an (Penelitian di Kelas III SDIT Khaira Ummah Tanjungsari). Yaitu menggambarkan desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi, menggambarkan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi di kelas 3 SDIT Khaira Ummah Tanjungsari. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview atau wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Desain pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi di SDIT Khaira Ummah Tanjungsari mencakup desain pengaturan guru, pengaturan siswa, pengaturan waktu dan tempat belajar serta desain materi ajar tahsin dan tahfiz al-Qur’an, Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan tahfiz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi.