PENDEKATAN CTL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berfikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK siswakelas VI SD Negeri 14 Empaci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK denganpenerapanpendekatankontektual di kelas VI SD Negeri 14 Empaci.Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Kemamuan berfikir Kritis siklus I dengan rata-rata 71 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 57,14%. Kemampuan berfikir kritis siklus II dengan rata-rata 87,62 dan ketuntasan klasikal mencapai 90,48%. Disimpulkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VI SD Negeri 14 Empaci Tahun Pelajaran 2018/2019. Disimpulkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VI SD Negeri 14 Empaci Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika