ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN NO 20 SP2 SKPH MANIS RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Matematika memiliki sifat yang konsisten, sistematis, dan logis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Karena siswa belum bisa berkonsentrasi dengan baik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN NO 20 SP2 SKPH Manis Raya berada pada kategori cukup tinggi yaitu bahwa seluruh siswa sudah dapat memperhatikan ketika guru menjelaskan meteri didepan kelas, sebagian besar siswa sudah memiliki motivasi dalam belajar, dengan rata-rata hasil observasi sebesar 62,23% dan rata-rata hasil angket sebesar 75,69%, faktor pendukung konsentrasi belajar siswa adalah motivasi belajar siswa, lingkungan belajar yang tenang dan nyaman, dan siswa memiliki kesiapan belajar yang baik. Faktor penghambat konsentrasi belajar adalah teman sekelas yang ribut, siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, siswa yang takut dan gugup, dan perlengkapan belajar yang tidak lengkap. Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan arahan kepada siswa yang sering mengobrol di kelas, memberikan dorongan kepada siswa yang tidak memiliki motivasi dan masih merasa takut serta gugup saat pembelajaran matematika berlangsung Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Matematika