PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS III MEGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas III C, guru kelas III C, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CTL dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa . Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rerata sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II hasil aktivitas siswa diperoleh rerata sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik. Pemahaman konsep siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,92% . Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran CTL sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran CTL diperoleh rerata sebesar 97,2% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian siswa kelas III C SDN 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: CTL, Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian.